S1 Arsitektur

Visi

Menjadi program studi Arsitektur yang mampu bersaing di tingkat nasional pada tahun 2025, dengan menghasilkan sarjana arsitektur yang kompeten di bidang perancangan bangunan gedung dan kawasan, mampu berpikir analitis, menjunjung tinggi nilai-nilai Al-Islam, dan berjiwa wirausaha

Misi
  1. Mengarahkan Pengembangan Kurikulum dan Metode Pendidikan yang berorientasi pada lulusan yang kompeten di bidang perancangan bangunan gedung dan kawasan, mampu berpikir analitis, menjunjung tinggi nilai-nilai Al-Islam, dan berjiwa wirausaha.
  2. Menerapkan metode pembelajaran yang berorientasi pada problem-based learning, pemanfaatan teknologi rancang bangun kekinian, penggunaan program-program digitalisasi arsitektur yang terbarukan, untuk menghasilkan capaian pembelajaran yang diharapkan.
  3. Menerapkan metode pembelajaran yang berbasis penelitian.
  4. Menyelenggarakan manajemen dan organisasi program studi yang efektif, efisien dan mandiri mengacu kepada standar penjaminan mutu yang dibakukan.
  5. Mengimplementasikan nilai-nilai Agama Islam dan Kemuhammadiyah-an (AIK) di dalam proses pembelajaran.
  6. Menerapkan dan mengimplementasikan salah satu Mata Kuliah Ciri Perguruan Tinggi (MKCP) dalam rangka meningkatkan jiwa kewirausahaan, salah satunya berupa mata kuliah wajib Fakultas yaitu mata kuliah kewirausahaan.
  7. Mengimplementasikan isu arsitektur ke dalam berbagai kegiatan (penelitian, pengabdian masyarakat, seminar, workshop dan kuliah umum). Antara lain kegiatan workshop kolaborasi dengan pihak luar yaitu, IWUPCD (International Workshop on Urban Planning and Community Development) dan SUPCD (International Seminar on Urban Planning and Community Development), dengan tiga perguruan tinggi di Argentina, kegiatan studi ekskursi baik di dalam negeri maupun di luar negeri.
  8. Melaksanakan penelitian di bidang arsitektur, mempublikasikan dalam jurnal ilmiah tingkat nasional dan internasional, dan mendiseminasi hasil penelitian dalam upaya pendalaman dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di tingkat nasional.
  9. Melaksanakan eksplorasi arsitektur di dalam maupun luar negeri yang dapat membuka wawasan sehingga dapat menjadi dasar kolaborasi penelitian dosen dan mahasiswa.
  10. Mempublikasikan naskah ilmiah tugas akhir mahasiswa sebagai hasil penelitian ke dalam jurnal ilmiah arsitektur tingkat nasional.
  11. Memfasilitasi publikasi ilmiah dalam bidang arsitektur bagi dosen dan mahasiswa melalui jurnal nasional (NALARs dan Purwarupa) dan internasional (IJBESR).
  12. Menyelenggarakan berbagai kegiatan Pengabdian pada Masyarakat dalam upaya menumbuhkembangkan kepekaan dan tanggungjawab sosial segenap civitas akademika.
  13. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam maupun luar negeri.
Alamat Website https://arsitektur.umj.ac.id/Prodi.html